Tujuan dari petunjuk ini adalah untuk memberikan pengantar mengenai standar-standar nilai yang akan diterapkan oleh KSA.
Komitmen utama untuk para anggota
KSA akan bersikap adil dan bertanggung jawab
Kami akan memastikan:
- Materi pemasaran dan promosi adalah benar, jelas, dan tidak dilebih-lebihkan
- Informasi yang jelas mengenai produk dan layanan – mengenai bagaimana cara kerja, syarat dan ketentuan juga suku bunga dan biaya yang dikenakan
- Memberikan surat pernyataan yang layak
- Memberikan informasi terkait dengan setiap perubahan mengenai suku bunga, biaya, syarat dan ketentuan
- Meminjamkan uang dengan tanggung jawab
- Cepat tanggap jika terjadi kesalahan
- Bertindak positif dan bersimpati di saat melakukan pertimbangan mengenai kondisi keuangan anggota
- Segala jenis informasi anggota bersifat pribadi dan rahasia
- Mempekerjakan karyawan yang terlatih.
Berkomunikasi dengan anda
KSA akan memberikan informasi yang terpercaya pada waktu yang tepat sehingga anggota dapat mengambil keputusan yang tepat. KSA sedapat mungkin akan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan berusaha untuk tidak menggunakan istilah teknis atau bahasa yang sangat formal.
Sebelum anggota membuka akun, KSA akan terlebih dahulu menginformasikan hal-hal penting mengenai:
- Bagaimana cara kerja akun dan berbagai layanan utama, termasuk cara dan waktu-waktu pembayaran kredit
- Berbagai ketentuan yang harus dilengkapi sebelum KSA memberikan kredit
- Bunga dan biaya yang harus dikeluarkan di dalam pinjaman – penanganan KSA dan pembayaran
- Bagaimana KSA akan memberitahu mengenai perubahan pada tingkat suku bunga, biaya, syarat dan ketentuan
Membantu anggota agar mendapatkan pinjaman
Anggota harus selalu mempertimbangkan kemampuannya untuk membayar kembali jumlah dana yang telah dipinjam.
Sebelum meminjamkan dana, KSA akan melakukan beberapa penilaian mengenai kemampuan anggotanya untuk membayar kembali dengan mempertimbangkan beberapa hal:
- Tipe dan jumlah kredit yang diajukan
- Komitmen terhadap keuangan dan pendapatan
- Informasi dari referensi kredit
- Bagaimana nasabah menangani rencana keuangan terdahulu
Keputusan untuk tidak atau memberikan pinjaman kurang dari jumlah yang diminta merupakan hak KSA
Jika aplikasi pengajuan pinjaman ditolak, nasabah berhak bertanya mengenai alasannya.